beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Telepon Putin, Obama Minta Rusia Hentikan Serangan Udara di Suriah

Telepon Putin, Obama Minta Rusia Hentikan Serangan Udara di Suriah

 
wildan
2016-02-15 11:14:39
wildan Peristiwa 0 351
 
 
Telepon Putin, Obama Minta Rusia Hentikan Serangan Udara di Suriah

Telepon Putin, Obama Minta Rusia Hentikan Serangan Udara di Suriah

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon langsung Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas konflik Suriah. Obama mendorong Putin untuk mengakhiri serangan udara Rusia terhadap pasukan oposisi Suriah. 

Dalam percakapan telepon dengan Putin pada Sabtu (13/2) waktu AS dan dilansir AFP, Senin (15/2/2016), Obama menekankan perlunya penyaluran segera bantuan kemanusiaan ke wilayah-wilayah Suriah yang dikepung pemberontak dan pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad. 

Kepada Putin, Obama juga menyebut perlunya segera dimulai gencatan senjata demi kemanusiaan di Suriah. 

"Secara khusus, Presiden Obama menekankan perlunya Rusia saat ini memainkan peran konstruktif dengan menghentikan serangan udara terhadap pasukan oposisi moderat di Suriah," demikian pernyataan Gedung Putih. 

Kekuatan besar dunia menyepakati pada Jumat (12/2), untuk memberlakukan gencatan senjata terbatas di Suriah. Namun kesepakatan itu tidak akan berlaku sebelum ditandatangani oleh kedua pihak yang berkonflik, yakni pemerintah Suriah dan sejumlah faksi pemberontak yang melawan rezim Assad.

Serangan udara Rusia di Suriah sebagian besar menargetkan kelompok pemberontak dan oposisi yang didukung koalisi pimpinan AS. Hal ini tentu menjadi hambatan besar bagi upaya negara-negara Barat untuk mengakhiri konflik Suriah.

Terlebih baru-baru ini, pasukan loyalis Assad yang didukung serangan udara Rusia berhasil merebut wilayah Aleppo dari pemberontak. Optimisme agar kesepakatan untuk gencatan senjata bisa diterapkan di Suriah pun semakin tipis.

Dalam keterangan terpisah, seperti dilansir Reuters, Kremlin atau Kantor Kepresidenan Rusia membenarkan bahwa Putin dan Obama bercakap-cakap lewat telepon membahas Suriah. Kremlin bahkan menyebut, kedua kepala negara sepakat meningkatkan kerja sama demi memberlakukan kesepakatan gencatan senjata di Suriah. Namun lebih lanjut, Kremlin menegaskan bahwa gencatan senjata tidak akan berlaku untuk serangan udaranya di Suriah. 
 

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan