beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Musibah Banjir, Stok Bahan Pokok di Sumatera Barat Terkendali

Musibah Banjir, Stok Bahan Pokok di Sumatera Barat Terkendali

 
wildan
2016-02-13 10:46:11
wildan Peristiwa 0 177
 
 
Musibah Banjir, Stok Bahan Pokok di Sumatera Barat Terkendali

Musibah Banjir, Stok Bahan Pokok di Sumatera Barat Terkendali

ementerian Perdagangan memastikan stok pangan, harga, dan distribusi bahan pangan pokok pasca banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, masih aman, stabil, dan terkendali. Demikian ditegaskan Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis Robert James Bintaryo usai meninjau Desa Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, pada Kamis, 11 Februari 2016 kemarin. 

Kementerian Perdagangan memantauan Pasar Gunung Malintang, Jorong Batu Balah yang berlokasi sekitar enam jam dari Kota Padang. Pasar Gunung Malintang merupakan pasar barang kebutuhan pokok yang hanya beroperasi setiap hari Jumat dan menampung sekitar 100 pedagang. 

‚ÄúKemendag akan mengusahakan perbaikan pasar ini dan akan mengoordinasikan dengan Dinas¬†Pemerintah Kabupaten Lima puluh Kota untuk memperbaiki fisik pasar yang rusak di daerah itu,‚Ä̬†jelasRobert¬†seperti tertulis dalam keterangan tertulis, Jumat (12/2/2016).¬†

 

Selain ke pasar, Kemendag menyempatkan diri berkunjung ke Koto Mesjid dan Jorong Pauh Ano. Dalam kunjungan ini, diketahui pula banyak sawah yang terendam akibat bencana banjir dan sejumlah instalasi listrik mati total.

Selain Kabupaten Lima Puluh Kota, jajaran Kementerian Perdagangan juga meninjau Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Hingga saat ini harga bahan pangan pokok terpantau stabil dan arus distribusi masih lancar. Namun demikian, akses jalan utama Solok-Kerinci (Jambi) dilaporkan tergerus banjir sehingga menyebabkan satu jalur mengalami kerusakan. 

Kondisi jalan masih bisa dilewati oleh kendaraan sedang, namun dikhawatirkan terputus jika hujan datang dan dapat menghambat transportasi bahan kebutuhan pokok di daerah tersebut.

‚ÄúArus distribusi di Kabupaten Solok lancar untuk saat ini. Namun, Pemda harus segera¬†memperbaiki jalur utama yang menghubungkan Solok Selatan dan Jambi, karena dikhawatirkan¬†jika ada banjir susulan, maka jalur utama akan terputus total dan jalur distribusi dapat terhambat,‚ÄĚ jelas Robert.

Pantauan di Kabupaten Solok dilakukan di Pasar Muara Labuah dan Pasar Sabtu Nagari Luak Kapau¬†Duo. ‚ÄúDi Pasar Muara Labuah, Solok Selatan sempat terkena banjir, namun saat ini sudah beroperasi kembali. Aktivitas pasar hanya terganggu selama satu hari. Bangunan fisik pasar tidak¬†rusak, namun tenda milik pedagang mengalami kerusakan,‚ÄĚ kata Robert.

Sementara itu di Pasar Sabtu Nagari Luak Kapau Duo, terdapat akses jembatan terputus akibat¬†banjir. Hal ini sempat berdampak pada terhambatnya akses di Nagari Kapau Duo dengan pasar.¬†Ada jalur alternatif, tetapi perlu memutar sepanjang 10 km. ‚ÄúKondisi fisik pasar tidak mengalami¬†kerusakan, hanya perlu pembersihan lumpur sisa banjir dan perbaikan sarana pendukung (con¬†blok),‚ÄĚ tuturnya.

Robert juga menyampaikan bahwa Dinas Perindag Solok Selatan meminta bantuan tenda sekitar 100 set untuk mengganti tenda pedagang yang rusak. “Kemendag akan mengusahakan bantuan tenda ini dapat segera dipenuhi untuk para pedagang pasar di Solok Selatan

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan