beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Pemerintah akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Pemerintah akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar

 
ratna ayu
2016-02-12 07:07:30
ratna ayu Lingkungan 0 334
 
 
Pemerintah akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Pemerintah akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Pemerintah akan membatasi pemberian kantong plastik belanja. Hal tersebut mendapat dukungan dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia. Pengusaha ritel meminta agar pemerintah dan semua pihak melakukan sosialisasi. Tanpa adanya sosialisasi yang intens, kebijakan yang baik tersebut malah akan menimbulkan keributan antara penjual dan pembeli karena pembeli mungkin akan merasa direpotkan karena harus mengeluarkan kocek lebih untuk membayar kantong plastik belanja.

Dengan mengurangi penggunaan kantong plastik, akan berdampak baik untuk lingkungan. Selain itu juga dapat mengurangi biaya operasional supermarket. Memang selama ini konsumen telah dimanjakan dengan service kantong plastik dari perusahaan ritel hingga sudah menjadi kebiasaan bahwa berbelanja pasti akan mendapatkan kantong plastik dari toko. 

Agaknya penerapan kebijakan pengurangan kantong plastik tersebut akan sedikit menyulitkan. Apalagi dari pemerintah tidak memberlakukan regulasi yang tegas mengenai pengurangan kantong plastik.Penerapan pembatasan kantong plastik bisa dimulai setahun mendatang. Syaratnya, terus sosialisasi. Bisa juga dalam jangka waktu enam bulan evaluasi penyempurnaan kebijakan.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga mendukung pembatasan kantong plastik dengan syarat ada sosialisasi nyata pada publik. Pihak YLKI menyampaikan agar Kementerian Lingkungan Hidup menyediakan menyediakan hotline pengaduan mengenai kebijakan tersebut serta memberikan pengawasan serta sanksi yang tegas pada oknum yang tidak tertib..

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan